Salah satu bidang peluang bisnis yang dapat dijalankan di daerah pedesaan adalah usaha peternakan. Di masa sekarang ini, ada beberapa jenis usaha peternakan yang prospeknya tergolong bagus dan bisa mendatangkan laba cukup besar. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Peternakan ayam
Ayam adalah hewan ternak yang bisa tumbuh besar dengan cepat terutama ayam potong atau boiler. Modal yang diperlukan untuk mengembangkan usaha peternakan ini tidak begitu besar dan memakan waktu yang cukup singkat.
Jika memiliki modal yang cukup, bisa mengembangkan usaha peternakan ayam jenis lainnya yaitu ayam petelur. Permintaan telur ayam dari hari ke hari semakin meningkat apalagi ketika menjelang hari raya Idul Fitri atau Natal. Jadi prospek pasarnya sangat bagus.
2. Peternakan bebek
Binatang unggas berikutnya yang juga sangat bagus dikembangkan sebagai usaha peternakan adalah bebek. Ada bebek yang diternak khusus untuk diambil dagingnya, tapi ada pula yang dijadikan bebek petelur saja.
Meskipun pangsa pasarnya masih kalah luas dibanding usaha peternakan ayam, namun bebek tetap selalu laku. Keuntungannya lumayan besar, karena proses pemeliharaannya tidak terlalu rumit dan biaya untuk memberi makannya juga tidak begitu banyak.
3. Peternakan kambing
Bidang usaha peternakan berikutnya yang juga mempunyai pangsa pasar luas adalah ternak kambing. Daging kambing sering dibutuhkan masyarakat terutama ketika mengadakan acara hajatan seperti aqiqah, sunatan dan sebagainya.
Usaha peternakan kambing biasanya akan mendapat jangkauan pasar yang lebih banyak dan besar saat hari raya Idul Adha. Kenaikan harga jualnya sangat tinggi, sehingga nilai laba yang didapat juga bertambah besar.
4. Peternakan sapi
Selain kambing, usaha peternakan sejenis lainnya yang juga menghasilkan laba besar adalah ternak sapi. Modal yang dibutuhkan memang lebih banyak, namun keuntungan yang didapat juga jauh lebih tinggi.
Pangsa pasarnya hampir sama dengan jenis usaha peternakan kambing. Selain itu setiap hari masyarakat juga butuh daging sapi untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Perlu diketahui, saat ini Indonesia masih kekurangan produk daging sapi sehingga peluang pasarnya masih terbuka lebar.
Di luar yang telah disebutkan diatas, masih banyak usaha peternakan lain yang hasilnya tidak kalah menjanjikan. Misalnya ternak kelinci, jangkrik, kucing persia dan sebagainya. Hanya saja bisnis yang satu ini membutuhkan keahlian khusus untuk mengembangkannya. Tapi jika tertarik, tidak ada salahnya untuk dicoba.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top